Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng sejumlah media massa cetak dan elektronik untuk menyosialisasikan berbagai tahapan Pilkada 2020.

"Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020 digelar di tengah wabah virus corona jenis baru atau COVID-19, meskipun tantangan cukup berat namun kami tetap optimistis berjalan sukses dan sesuai aturan," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Mentok, Selasa.

Menurut dia, kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2020 bisa dicapai dengan kerja sama dan peran serta seluruh elemen yang terlibat, salah satunya peran media massa dalam memberikan sosialisasi berbagai informasi dan tahapan yang dilaksanakan penyelenggara.

"Kami butuh peran aktif kawan-kawan jurnalis untuk memberikan banyak informasi kepada masyarakat dan pemilih, terutama pada beberapa tahapan yang dilaksanakan penyelenggara," katanya.

Baca juga: KPU Bangka Barat tambah empat TPS

Ia menjelaskan, dalam persiapan lanjutan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020, KPU Kabupaten Bangka Barat masih memiliki enam tahapan yang harus dilakukan, yaitu pemutakhiran data pemilih, pendaftaran pasangan calon, masa kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi, dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Enam tahapan yang akan dilaksanakan itu perlu peran serta kawan-kawan jurnalis untuk ikut menyosialisasikan agar diketahui masyarakat," katanya.

Selain penyebarluasan informasi penyelenggaraan tahapan Pilkada 2020, kata dia, media massa juga memiliki peran penting untuk memberikan berbagai informasi terkait aturan kesehatan yang wajib dilakukan agar Pilkada 2020 tidak menjadi kluster baru penyebaran COVID-19.

"Pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi ini bukan kehendak kami untuk memaksakan pelaksanaan, namun kami hanya menjalankan aturan undang-undang," katanya.

Pada pelaksanaan sejumlah tahapan yang dilakukan, pihaknya akan selalu mengedepankan pelaksanaan aturan kesehatan dan berharap masyarakat juga patuh dan disiplin terhadap aturan tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020