Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yusmiati Mulkan melantik Korps Sukarela (KSR) Markas PMI  daerah itu angkatan II masa bakti 2020 - 2022.

"PMI memiliki relawan yang mampu menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjalin kesinambungan organisasi dimasa depan," kata  Yusmiati Mulkan di Sungailiat, Minggu.

Atas dasar itu kata dia, tenaga relawan harus mendapatkan pendidikan, pembinaan dan dikembangkan agar bisa menjadi sosok relawan yang berkarakter ke Indonesiaan.

"Tenaga relawan PMI harus terampil, kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan," katanya.

Dia mengatakan, wadah KSR adalah salah satu cara dalam rangka meningkatkan manajemen kepemimpinan relawan untuk mendukung kapasitas organisasi dan pelayanan PMI.

"Perlunya meningkatkan keterlibatan relawan Korps sukarela, kepemimpinan PMI, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan relawan dalam merancang pelaksanaan serta mengevaluasi pelayanan PMI," jelasnya.

 
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yusmiati Mulkan (Tengah) (babel.antaranews.com/kasmono)

Menurutnya,  relawan Korps sukarela harus mampu membangun kerja sama jejaring antar relawan, menyamakan pemahaman dalam proses pembinaan dan pengembangan.

"Saya berharap, semua anggota relawan dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sehingga dapat menjadi ruang tersendiri bagi setiap relawan PMI," katanya.

Dia mengakui, masihnya kekurangan dalam pembinaan baik PMR maupun relawan disemua tingkatan baik dari tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten.

"Sebagai Ketua PMI Kabupaten Bangka, saya berharap keseluruh pengurus PMI untuk bersama-sama meningkatkan pembinaan dan pengembangan atas relawan yang senantiasa menjadi penerus generasi muda yang berjiwa kemanusiaan," ujar Yusmiati Mulkan.





 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020