Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, meminta para petani menggunakan benih unggul untuk meningkatkan produksi panen padi.

"Saya mendorong semua petani untuk maksimal menggarap sawah termasuk memilih benih padi unggul agar hasil panen terus meningkat," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Belitung Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Babel, Senin.

Dia mengatakan, saat ini hasil panen padi di daerahnya tidak merata antara dua sampai lima ton per hektare dan bahkan ada yang mampu mencapai tujuh ton per hektare gabah kering panen.

"Saya optimistis hasil panen dapat ditingkatkan dengan cara perawatan yang maksimal seperti, memilih benih padi unggul, pemupukan yang teratur serta kemampuan mengantisipasi serangan hama padi," ujarnya.

Tercatat produksi padi hasil panen petani pada Juli 2020 mencapai 1.336 ton dari luas 329 hektare yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan Kabupaten Belitung.

"Saya imbau petani untuk konsultasi dengan petugas penyuluh lapangan jika mengalami kendala dalam penanaman padi," ujarnya.

Dia mengakui para petani pada musim tanam tahun ini umumnya menanam benih padi unggul yang berlabel biru atau yang mempunyai turunan untuk kemudian bisa dibenihkan lagi.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020