Juru bicara gugus tugas percepatan pencegahan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan seorang karyawan lembaga penyiaran Sungailiat, inisial Mm (53) terkonfirmasi positif COVID-19.

"Mm berjenis kelamin laki-laki dipastikan positif COVID-19, setelah hasil usap (swab) dari tim kesehatan sudah keluar dan hasil tes cepat (rapid test) sebelumnya, yang bersangkutan dinyatakan reaktif," kata Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.

Dikatakan, Mm tinggal di Kecamatan Sungailiat yang merupakan karyawan atau ASN di lembaganya, memiliki riwayat perjalanan dari Tangerang ke Jakarta dan selanjutnya ke Bangka.

"Mm saat ini sudah di karantina di balai diklat provinsi di Kota Pangkalpinang untuk mendapatkan perawatan kesehatan," katanya.

Baca juga: Jubir GTPP Bangka: Dua pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh

Boy Yandra, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui puskesmas Kenanga akan melalukan penelusuran (tracing) bagi warga yang diketahui kontak langsung dengan Mm sebagai upaya pencegahan dini penyebaran wabah COVID-19.

"Selain melakukan penelusuran bagi yang kontak dengan Mm, pihak BPBD akan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di lingkungan kantor Mm berkerja," ujarnya.

Terdata sampai dengan Senin (25/8), jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bangka sebanyak 70 pasien dengan 63 pasien sudah dinyatakan sembuh.

"Saya imbau seluruh lapisan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker saat keluar rumah, rutin mencuci tangan dengan sabun serta menghindari kerumunan atau menjaga jarak," ujar Boy Yandra.*
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020