Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas RI, Suharao Monoarfa, mengapresiasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menunjukkan tren positif meskipun ditengah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Tadi Bupati menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Belitung positif diantara beberapa wilayah di Indonesia memang ada yang positif seperti Papua dan Jawa Barat," katanya di Tanjung Pandan, Belitung, Jumat.

Baca juga: Menteri PPN harapkancinderamata Belitung tembus pasar ekspor

Menurut dia, selain pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif ditengah pandemi virus corona baru atau COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga tidak mengalami kontraksi ekonomi.

"PDRB Bangka Belitung pada kali ini memberikan kontribusi 0,47 persen terhadap PDRB nasional dan 2,4 persen terhadap PDRB Sumatera," ujarnya.

Baca juga: Menteri PPN dukung Pulau Belitung sebagai geopark internasional

Ia mengatakan, hal ini tidak terlepas dari sektor pariwisata yang telah memberikan andil dalam perekonomian di daerah meskipun banyak sektor lain seperti pertambangan dan perikanan.

"Namun saya kira "game changer" Provinsi Bangka Belitung ini adalah pariwisata karena pariwisata memberikan peluang yang besar," katanya.

Baca juga: Menteri PPN resmikan Galeri Budaya Cinta Alam Belitung

Untuk itu, dirinya mengharapkan Belitung dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menyambut kembali datangnya wisatawan ke daerah itu seiring pulihnya kondisi kepariwisataan nasional.

"Karena kita punya devisa pariwisata saat ini anjlok sekali biasanya sekitar USD 18 miliar kita separuhnya itu dari Bali kalau USD 2 miliar itu dari Belitung pasti bahagia masyarakatnya maka itu harus dipikirkan oleh semua pihak," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020