Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh, menyampaikan sejumlah usulan pembangunan pendukung pariwisata kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas RI guna mendukung kemajuan sektor pariwisata di daerah itu.

"Beberapa usulan tersebut terkait dukungan infrastruktur yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk menunjang kawasan destinasi pariwisata prioritas," katanya di Tanjung Pandan, Minggu.

Ia menyebutkan, sejumlah usulan tersebut diantaranya adalah rencana pengembangan bandara internasional H.AS Hanandjoeddin dan pembangunan jembatan Laskar Pelangi di Desa Juru Seberang.

"Karena ini merupakan penunjang utama pengembangan sektor pariwisata," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sahani, untuk pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan pihaknya meminta dukungan pembangunan jalan trans Belitung dan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) regional.

"Kami juga memiliki kawasan Pelabuhan Tanjung Batu dan kawasan Industri Suge sebagai fasilitas pendukung infrastruktur pembangunan daerah," katanya.

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa mengatakan, kunjungan kerja ini dilaksanakan untuk memastikan semua perencanaan nasional yang terkait dengan program prioritas nasional yang dibiayai APBN di daerah dapat berjalan baik.

"Hal ini berkaitan dengan kepentingan nasional ke depan. Kami hadir untuk menyerap semua yang telah dirancang Bappenas pada waktu tertentu, setidaknya bisa mendekati keinginan dan harapan masyarakat Bangka Belitung," ujarnya.

Dirinya juga berharap "economy recovery" atau pemulihan ekonomi di Bangka Belitung harusnya dapat lebih mudah daripada daerah lain karena tingkat positif COVID-19 di wilayah ini rendah.

"Saya harap pada triwulan ketiga ini bisa di atas nol pertumbuhan ekonomi di Babel. Nantinya, secara bertahap akan diperbaiki, karena untuk mendorong pembangunan ekonomi di Babel instrumennya sudah banyak, seperti kawasan industri dan KEK," tambahnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020