Harga bahan kebutuhan pokok di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, cenderung stabil dan tidak mengalami kenaikan seiring terjaganya ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok pada tingkat distributor daerah itu.

"Kondisi harga-harga bahan pokok dalam seminggu terakhir ini stabil dan tidak mengalami kenaikan," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, selain harga bahan kebutuhan yang stabuil pasokan bahan kebutuhan pokok dari luar daerah juga tidak mengalami hambatan meskipun adanya pemberlakukan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Adanya pelaksanaan PSBB di Jakarta idak terlalu berdampak dengan pasokan bahan pokok karena sejauh ini lancar tidak ada kendala kapal-kapal pengangkut juga masih beraktivitas normal," katanya.

Rita menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional setempat harga daging sapi dijual Rp130 ribu per kilogram, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, telur ayam Rp26 ribu per kilo atau Rp1.600 per butir dan tepung terigu dijual Rp9 ribu per kilogramnya.

Sedangkan harga daging ayam dijual Rp36 ribu per kilogram, bawang merah Rp36 ribu per kilo, beras dijual Rp12 ribu sampai Rp14 ribu per kilogram dan ayam kampung Rp55 ribu per kilogram.

Dikatakan dia, cabe rawit Rp35 ribu per kilogram, bawang putih Rp23 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp30 ribu per kilogram dan cabai rawit lokal dijual Rp 50 ribu per kilonya.

"Stok dipastikan cukup untuk tiga bulan ke depan kami juga selalu monitor ke gudang-gudang distributor sebagai pengawasan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020