Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 sebesar 77,8 persen.

"Kendati tengah dilanda pandemi virus corona, namun kami optimistis partisipasi pemilih tetap tinggi dan kami menargetkan partisipasi sebesar 77,8 persen," kata Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, berbagai upaya sudah dilakukan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di antaranya menyosialisasikan tentang kepemiluan kepada masyarakat.

"Edukasi politik juga dilakukan kepada pemilih pemula karena jumlah hak pilih dari kalangan pemilih milenial ini juga cukup tinggi yaitu mencapai sekitar 10 persen," ujarnya.

Pihaknya juga meminta partisipasi kepada peserta Pilkada 2020 baik partai politik maupun calon untuk membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

"Pada pemilihan anggota legislatif pada 2019, partisipasi pemilih mencapai 88 persen. Melihat angka partisipasi tersebut, tentu kami yakin bisa mencapai angka 77,8 persen pada Pilkada 2020," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.

Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB. Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020