Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan kinerja satgas kecamatan untuk mengoptimalkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru itu di daerah setempat.

"Saya mendorong seluruh satgas di tingkat kecamatan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat mengingat penyebaran COVID-19 sudah terjadi di semua wilayah kecamatan meskipun dengan jumlah kasus yang berbeda," kata 
Ketua Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Ia menjelaskan pencegahan dan upaya memutus mata rantai penyebaran virus itu hanya dengan disiplin warga dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

"Satgas di tingkat kecamatan mempunyai peran penting melakukan program pencegahan serupa yang dilakukan satgas kabupaten," ujarnya.

Berdasarkan data, penyebaran COVID-19 di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka sampai dengan Kamis, mencapai 220 kasus dengan 145 orang dinyatakan sembuh atau masih terdapat 75 orang menjalani perawatan kesehatan.

Di Kecamatan Bakam satu kasus positif COVID-19 dengan dinyatakan sudah sembuh, Kecamatan Belinyu 13 kasus positif semuanya sembuh, Kecamatan Merawang 21 kasus dan 17 orang sembuh.

Selain itu, Kecamatan Mendo Barat 14 kasus dengan 13 orang sembuh, Kecamatan Pemali  39 kasus sudah sembuh semua, Kecamatan Puding Besar satu kasus sudah sembuh, Kecamatan Riau Silip 42 kasus dengan tiga orang sembuh, dan Kecamatan Sungailiat 89 kasus dengan 58 orang sudah sembuh.

"Kami terus melakukan upaya mencegah virus itu agar tidak terjadi penambahan seperti melakukan 'lockdown' (karantina) di Dusun Bedukang, Kecamatan Riau Silip karena terdapat puluhan warga dusun tersebut terpapar COVID-19," kata Mulkan.

Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah melakukan pencegahan COVID-19 kata dia, turnamen sepak bola Bupati Cup dihentikan meskipun kegiatan tersebut sudah berjalan.

"'Event' sepak bola Bupati Cup kembali dilaksanakan setelah kondisi wilayah benar-benar dianggap sudah aman penyebaran COVID-19," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020