Pelaksanaan "Polymerase Chain Reaction" (PCR) swab test warga di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil melebihi target yang ditetapkan World Health Organization (WHO) yakni 1,876 orang.

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat Jumat mengatakan terdata 1,876 warga yang sudah dilakukan swab atau sebesar 5,88 per seribu penduduk. Jumlah itu melebihi target yang ditetapkan WHO hanya sebesar satu per seribu penduduk.

"Jumlah penduduk Kabupaten Bangka mencapai lebih kurang 300 ribu jiwa tersebar  62 desa di delapan kecamatan," jelan Boy Yandra.

Tingginya warga yang melakukan swab kata dia, sebagai upaya keseriusan pemerintah daerah dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus jenis baru corona.

Menurutnya selain melakukan swab test kata Boy Yandra pemerintah Kabupaten Bangka memberikan pelayanan rapid test gratis bagi warga daerah setempat.

"Kuota rapid test gratis tahap pertama sebanyak 9,800 orang dan tahap kedua 11,300 orang," kata Boy Yandra.

Boy Yandra mengatakan sampai saat ini tercatat warga Kabupaten Bangka yang sudah menjalani rapid test mandiri maupun pelayanan gratis mencapai 23,893 orang.

"Saya imbau seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar karena hanya saat ini hanya dipenerapan protokol kesehatan tersebut jalan satu-satunya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020