Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemerintah Kabupaten Belitung, untuk menggencarkan pelaksanaan event bagi pelaku UMKM di daerah itu sebagai upaya pemulihan ekonomi sektor UMKM.

"Kami harapkan dapat memperbanyak program-program pelatihan dan event bagi pelaku," kata anggota DPRD Belitung, Fendi Haryono di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, dengan digencarkannya pelaksanaan pameran atau bazar bagi pelaku UMKM dapat membantu pemulihan ekonomi sektor UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

Ia mengatakan, Komisi II DPRD Belitung memberikan dukungan dan perhatian penuh terhadap UMKM dalam rapat pembahasan APBD 2021.

"Kita harus menguatkan sektor UMKM ini karena sektor UMKM adalah penopang perekonomian daerah karena di dalamnya ada pelaku usaha dan juga tenaga kerja," ujarnya.

DPRD Belitung, lanjut Fendi, mendorong penguatan anggaran untuk kegiatan pelatihan dan memperbanyak penyelenggaran kegiatan bagi pelaku UMKM di daerah itu.

Dirinya mengapresiasi langkah pemulihan ekonomi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan ditandai rangkaian pelaksanaan acara dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus.

"Misalnya event Dispora yang bekerja sama dengan KNPI yaitu Bazar Pemuda Kreatif untuk melatih jiwa berwirausaha generasi millenial," katanya.

Selain itu, pada tahun 2021 DPRD Belitung juga akan mengusulkan tiga raperda inisiatif salah satunya adalah tentang pemberdayaan perlindungan koperasi dan usaha mikro.

"Karena pada tahun 2021 dan 2022 adalah untuk pemulihan ekonomi sehingga usaha-usaha mikro perlu kita lindungi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020