Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan pengelolaan sampah plastik di kawasan objek wisata pantai Belitung Timur, guna memberikan rasa nyaman kepada wisatawan yang berkunjung ke negeri laskar pelangi itu.

"Kawasan ini perlu menjadi perhatian khusus dalam pengelolaan sampah plastik, agar wisatawan merasa nyaman dan aman di era adaptasi kebiasaan baru COVID-19 ini," kata Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel, Melati Erzaldi saat berkunjung di Pantai Tebing Tinggi Beltim, Selasa.

Ia mengatakan pengelolaan sampah plastik ini tidak hanya memberikan rasa aman, nyaman dan menambah keindahan alam pantai di Belitung Timur khususnya Pantai Tebing Tinggi, tetapi sebagai langkah mencegah serta menimalisir kerusakan lingkungan.

"Kita segera berkoordinasi dan membahas pengelolaan sampah plastik dengan para kades, agar gerakan bapak ini dapat didukung pemdes. Sayang sekali kawasan ini jika tidak terurus dengan baik," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kooordinasi dengan pemdes akan terbentuk sistem pengelolaan yang lebih baik, terlepas dari kawasan ini milik pribadi yang mungkin bisa dikelola warga setempat dengan fasilitas umum yang sangat membantu kenyamanan dan keamanan para wisatawan.

"Saya mengapresiasi atas gerakan yang telah dilakukan salah seorang warga, Ridwan secara mandiri mengumpulkan sampah plastik di kawasan Pantai Tinggi ini," katanya.

Ridwan, seorang warga Tanjung Tinggi yang melakukan aktivitas sehari-hari dengan mengumpulkan sampah plastik sisa kunjungan wisatawan, agar tidak terbawa ombak saat air laut pasang.

"Saya kumpulkan untuk siapa saja yang membutuhkan dan ingin dimanfaatkan kembali. Bahkan sesekali jika sudah terlalu banyak, saya jual dengan harga sewajarnya," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020