Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 292 personel untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Selain 292 personel dari polres dan polsek, akan ada lagi tambahan personel bantuan dari Polda Kepulauan Bangka Belitung," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Sabtu.

Sebagai persiapan pengamanan selama pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020, para personel sudah diberikan pelatihan khusus agar mampu bertugas sesuai dengan standar operasional.

Pola pemantauan dan pengamanan Pilkada 2020 akan dilakukan di seluruh 400 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di enam kecamatan.

Untuk TPS yang berada di pedalaman, kata Kapolres Bangka Barat , akan ditempatkan masing-masing satu personel untuk mengawal jalannya pemungutan suara, sedangkan lokasi TPS yang berdekatan akan dipantau seorang personel.

"Pemetaan lokasi TPS sudah dilakukan untuk mengatur penempatan personel. Kami berharap pola ini bisa berjalan dengan baik, aman, dan sukses," katanya.

Terkait dengan pelaksanaan pilkada di tengah pandemik COVID-19, dia mengatakan bahwa seluruh personel yang bertugas akan dilengkapi dengan alat pelindung diri.

"Kami juga memerintahkan seluruh personel yang terlibat untuk selalu cek kesehatan sebelum bertugas," katanya.

Selain itu, mereka juga akan melakukan pemantauan lokasi TPS agar dilengkapi fasilitas pendukung supaya tetap menjalankan aturan kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu 4M atau mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker, dan mengatur antrean pemilih agar tidak berkerumun.

"Kami siap menjalankan tugas pengaman ini. Untuk itu, kami minta seluruh warga mendukung dan bagi para pemilih jangan takut ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020," kata AKBP Fedriansah.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020