Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan sebanyak sembilan orang di wilayah itu dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah dilakukan tes usap.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Kamis mengatakan sembilan orang warga yang diketahui positif COVID-19 masing - masing Ds (30) perempuan dengan riwayat reaktif dari hasil tes cepat dengan katagori tidak ada gejala, status transmisi lokal asal Kecamatan Mendo Barat.

Kemudian Ay (39) laki-laki asal Kecamatan Mendo Barat dengan status transmisi lokal, Zs (16) laki-laki asal Kecamatan Merawang dan yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dengan katagori pasien tanpa bergejala.

"Inisial Bp (14) perempuan asal Kecamatan Mendo Barat, transmisi lokak, Yp (14) laki-laki dari Kecamatan Mendo Barat, riwayat reakatif hasil tes cepat, inisial J (59) perempuan asal Kecamatan Mendo Barat katagori tidak ada gejala dengan kondisi penyerta hipertensi," katanya.

Pasien yang lain inisial Z (25) asal Kecamatan Merawang transmisi lokal dengan status kontak erat dengan salah satu pasien COVID-19, inisial Y (51) laki-laki asal Kecamatan Merawang katagori pasien bergejala serta Bz (27) laki-laki asal Kecamatan Sungailiat katagori tidak bergejala.

Selain sembilan warga dinyatakan positif COVID-19 kata Boy Yandra, dihari yang sama terdapat tujuh pasien asal daerahnya diketahui sembuh.

Dia mengatakan, angka kasus warga terkonfirmasi positif pada hari ini lebih rendah dibandingkan kasus yang sama hari kemarin Rabu (16/12) yang mencapai 17 orang.

Tercatat jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan terdapat 463 kasus, sedangkan yang sembuh sebanyak 342 atau 117 orang masih menjalani perawatan kesehatan, sementara pasien COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak empat orang.

"Saya imbau seluruh masyarakat tanpa terkecuali agar benar-benar menerapkan disiplin protokol kesehatan sebagai cara utama memutus dan mencegah penyebaran virus jenis baru corona," demikian Boy Yandra.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020