Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengajak masyarakat di daerah itu menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 20 Desember mendatang.

"Walaupun ini ditingkat pemerintahan paling bawah namun tingkat kehadiran sangat diharapkan sekali karena menentukan Desa untuk beberapa tahun ke depan," katanya di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia berharap, masyarakat dapat berpartisipasi memberikan hak suaranya dengan mendatangi lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan sebelumnya.

"Semoga dengan dilaksanakannya Pilkades serentak ini dapat melahirkan pemimpin yang amanah sesuai harapan Desa dan juga Pemerintah Kabupaten Belitung," ujarnya.

Mulkan mengapresiasi persiapan oleh tim fasilitasi Pilkades serentak di daerah itu meskipun pelaksanaannya sempat ditunda beberapa kali.

"Secara keseluruhan kalau kita melihat prosedur yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten telah berjalan dengan semestinya tinggal nanti pelaksanaan di lapangan oleh panitia," katanya.

Dirinya optimistis target partipisasi pemilih pada Pilkades serentak yaitu 75 sampai 80 persen bisa tercapai kendati pemilihan dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19.

"Dengan adanya pandemi COVID-19 tidak terlalu mempengaruhi jadi kami yakin target itu bisa tercapai dan kami selalu mendukung penuh," ujarnya.

I mengimbau, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti pelaksanaan Pilkades serentak serta kepada paran Kades terpilih agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

"Kepada masyarakat pendukung karena ini adalah kompetisi maka ada menang dan kalah bagi yang kalah lupakan dan segera bergabung kembali karena ini kita membangun Desa untuk kemajuan Desa ke depan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020