Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh tidak ikut disuntik vaksin COVID-19 pada tahap pertama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu dikarenakan faktor usia.

"Usia Bupati Belitung saat ini sudah diatas 60 tahun jadi nanti menunggu vaksin selanjutnya setelah mendapat izin dari BPOM," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, tahap pertama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ketentuannya memang diperuntukan bagi penerima yang berusia antara 18-59 tahun.

Sedangkan bagi calon penerima vaksin yang berusia di atas angka tersebut diminta untuk menunggu vaksin tahap selanjutnya.

"Iya menunggu vaksin selanjutnya masih menunggu izinnya yang dikeluarkan BPOM," ujarnya.

Joko menjelaskan, selain itu, bagi calon penerima vaksin sebelum dilakukan penyuntikan kondisi kesehatannya harus dalam keadaan baik seperti tekanan darah rendah, tidak demam atau memiliki gejala lainnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Belitung mulai melakukan penyuntikan perdana vaksin COVID-19 kepada 19 penerima terdiri dari jajaran Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

"Untuk yang perdana pada hari ini ada 19 undangan," kata Joko.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021