Teknis pelantikan pasangan pemenang Pilkada Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, menunggu arahan dan petunjuk dari gubernur.

"Jadwal pelantikan memang sudah direncanakan pada 26 Februari 2021, namun teknisnya masih menunggu arahan dan petunjuk dari gubernur," kata Plh Bupati Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi di Manggar, Sabtu.

Hal itu dikemukakannya terkait prosesi pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih yang direncanakan digelar secara virtual di ruang tertutup dengan undangan yang dibatasi.

"Kami sudah membentuk panitia kecil persiapan pelantikan, soal teknis pelantikan secara virtual tentu kami berkoordinasi dengan pemerintah provinsi," ujarnya.

Ia mengatakan, pelantikan secara virtual dalam rangka menaati protokol kesehatan COVID-19 dimana daerah saat ini sedang dilanda pandemi virus corona.

"Tentu pemerintah sebagai ujung tombak dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona baru tidak ingin prosesi pelantikan memicu munculnya klaster baru," ujarnya.

Pasangan Burhanuddin-Khairil Anwar ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2020 Kabupaten Belitung Timur dengan perolehan sebanyak 36.225 suara atau sebesar 53,8 persen dari total warga yang menggunakan hak suaranya di TPS.

Pilkada Belitung Timur diikuti dua pasangan calon yaitu Yuri Kemal Fadlullah-Nurdianayah yang merupakan putra dari ahli hukum Yusril Ihza Mahendra dan pasangan Burhanuddin-Khairil Anwar.

Pasangan Burhanuddin-Khairil berhasil meraih suara 53,8 persen suara, sementara pasangan Yuri-Nurdiansyah meraih 46,2 persen suara dari 420 TPS di daerah tersebut.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021