Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera membentuk desa digital untuk meningkatkan keterbukaan informasi sekaligus kesejahteraan masyarakat berbasis teknologi.

"Desa Sekarbiru, Kecamatan Parittiga sudah cukup siap untuk diluncurkan sebagai desa digital, kami akan melakukan pendampingan agar tahun ini bisa diresmikan sebagai desa digital pertama sekaligus percontohan bagi desa-desa lain," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Fachriansah di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan program desa digital diyakini akan mendorong terwujudnya masyarakat desa yang sejahtera karena seluruh warga bisa mendapatkan hak kebutuhan informasi sekaligus memberikan informasi potensi yang dimiliki.

"Tahun lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan program tersebut, kami ingin mendukung program itu dan sebagai langkah awal meluncurkan Desa Sekarbiru sebagai desa digital," katanya.

Dalam pelaksanaan program desa digital, kata dia, akan mengikis kesenjangan digital antara desa dan kota dan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kemungkinan pengaruh negatif yang ditimbulkan dari keberadaan internet karena akan selalu diawasi pemerintah bersama para relawan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya akan mengundang perangkat desa bersama Kepala Desa Sekarbiru untuk memaparkan rencana dan berbagai kegiatan yang sudah dikerjakan selama ini untuk mewujudkan desa digital.

"Mereka nanti akan memaparkan berbagai perencanaan dan permasalahan yang ada, kami siapkan petugas untuk melakukan pendampingan agar desa digital Sekarbiru bisa diresmikan tahun ini," katanya.

Para petugas pendamping, kata dia, nantinya akan melakukan pendampingan, pengawasan dan pembinaan agar berbagai potensi dan informasi yang dibutuhkan bisa diakses melalui jaringan yang ada.

Dalam mendukung perekonomian masyarakat, para petugas juga akan melakukan pendampingan kepada warga desa agar bisa memanfaatkan peluang era digital untuk meningkatkan pemasaran dan peluang usaha yang dimiliki.

"Selama ini mereka sudah menjalankan rencana program desa digital dengan menggunakan anggaran desa yang dimiliki, Pemkab akan mendukung dengan sumber daya manusia yang ada agar program itu semakin berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021