Satuan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sampai dengan saat ini terdapat 4.400 orang di daerah itu kontak erat dengan pasien terpapar virus corona.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Selasa mengatakan, 4.400 orang yang diketahui kontak erat dengan pasien COVID-19 merupakan hasil dari penelurusan, pelacakan dan pengujian oleh dinas kesehatan.

Baca juga: 2.110 warga di Bangka terkonfirmasi positif COVID-19

"Ribuan warga yang kontak erat itu terjadi sejak ditemukan kasus COVID-19 pada Maret 2020 hingga sekarang yang tersebar di delapan kecamatan," jelasnya.

Dia mengatakan, ribuan warga yang kontak erat tersebut sudah dilakukan tes usap dan sebagian besar sudah selesai menjalani isolasi jika diketahui terinfeksi virus jenis baru corona.

Baca juga: Penerima vaksin Sinovac tahap kedua di Bangka capai 1.215 orang

Menurutnya, banyak jumlah warga yang diketahui kontak erat pasien COVID-19 karena angka kasus penyebaran wabah virus corona sesuai data informasi mencapai 2.110 orang dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 2.021 orang.

"Saya optimis, angka kasus COVID-19 yang sudah menyebar di semua wilayah kecamatan dapat ditekan seminimal mungkin dengan cara masyarakat bersatu padu melakukan pencegahan seperti tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," jelas Boy Yandra.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021