Kepolisian Resor Bangka Barat, Daerah Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan di objek wisata sebagai upaya peningkatan disiplin pengunjung dalam membantu mengurangi risiko penularan COVID-19.

"Pemantauan ini kami lakukan karena jumlah kasus penularan semakin meningkat dan saat ini pola penularan virus sudah terjadi antarwarga dalam daerah atau transmisi lokal sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan patuh aturan kesehatan yang berlaku," kata Kepala Satuan Sabhara Polres Bangka Barat AKP Agus Mulyadi di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, pemantauan terhadap pengunjung objek wisata dilaksanakan personel gabungan Satuan Sabhara bersama Satlantas Polres Bangka Barat di beberapa destinasi wisata di daerah itu.

Selain melakukan pengawasan pelaksanaan aturan kesehatan, para personel juga melakukan pelayanan pengaturan lalu lintas kendaraan para pengunjung.

"Kehadiran kami di tengah masyarakat juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengunjung," katanya.

Pada kesempatan bertemu langsung dengan masyarakat, para personel memanfaatkannya untuk memberikan sosialisasi berbagai aturan guna menekan angka kecelakaan dan antisipasi tindak kejahatan.

Patroli dialogis tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma pelaksanaan tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum.

"Kegiatan ini juga kami laksanakan di beberapa lain, seperti warung, pasar, pusat keramaian yang memiliki potensi terjadinya gangguan kamtibmas,"kata AKP Agus.

Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam menjaga kamtibmas di lingkungan sekitar tempat tinggal, untuk itu diharapkan warga memberikan informasi jika menemui hal-hal yang mencurigakan agar segera ditindaklanjuti.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021