Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan jumlah warga yang terkonfirmasi positif virus corona jenis baru di daerah itu sebanyak 417 orang.

"Selama berlangsungnya pandemi COVID-19, berdasarkan hasil uji pemeriksaan laboratorium, jumlah kasus yang ditemukan 417 orang, jumlah tersebut sudah termasuk laporan hasil pemeriksaan yang baru dikeluarkan pada hari ini sebanyak tujuh kasus baru," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, pada Selasa (23/3) ini selain ada tambahan tujuh kasus baru, di daerah itu juga terjadi tambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai masa isolasi sebanyak sembilan orang.

Untuk tambahan tujuh kasus terkonfirmasi COVID-19 yang dirilis Selasa (23/3) ini berasal dari Kecamatan Jebus satu orang, Kelapa satu orang, Tempilang satu orang dan dari Kecamatan Mentok empat orang.

"Kasus baru ini dialami warga dengan rentang usia lima hingga 65 tahun yang berasal dari hasil penelusuran kasus sebelumnya. Mereka dilakukan pemeriksaan dengan tes rapid antigen," katanya.

Sementara sembilan warga yang dinyatakan sembuh atau selesai isolasi pada berasal dari Kecamatan Mentok satu orang dan Jebus delapan orang.

"Dari sebanyak 417 kasus yang ada, sebanyak 392 pasien dinyatakan sembuh dan 18 orang masih menjalani masa karantina dan perawatan," katanya.

Ia mengimbau warga selalu waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Saat ini pola penularan sudah terjadi antarwarga dalam daerah sehingga potensi tertular lebih besar. Untuk itu patuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk meminimalkan risiko tertular virus tersebut," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021