Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan kegiatan pasar murah sebagai salah satu upaya mengendalikan harga berbagai kebutuhan pangan pokok saat Ramadhan 1442 Hijriah.

"Kami bersama Pemprov Babel sudah menyiapkan kegiatan itu seperti tahun-tahun sebelumnya, rencananya akan digelar di seluruh kecamatan di daerah ini saat Ramadhan," kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri, Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Seviliana di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pasar murah yang digelar di seluruh kecamatan bahkan hingga tingkat desa dinilai efektif dalam pengendalian harga, terutama pada saat menjelang hari raya keagamaan.

"Kegiatan ini kami lakukan saat terjadi lonjakan harga di pasaran yang bisa merugikan masyarakat," katanya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov Babel, Perum Badan Urusan Logistik dan para distributor yang ada di daerah itu dalam penyediaan berbagai kebutuhan pokok.

Saat ini, para petugas di Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan berbagai bahan kebutuhan pokok di sejumlah gudang.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantauan harga di tingkat distributor hingga pengecer dan jika terjadi lonjakan harga bahan pokok yang tinggi, akan melaporkannya ke Pemerintah Provinsi Bangka Belitung agar bisa segera ditindaklanjuti.

"Beberapa hari lalu kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov Babel untuk memastikan rencana kegiatan pasar murah tersebut," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021