Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman meminta para petani lokal dapat membantu pemerintah daerah dalam menekan inflasi selama Ramdhan.

"Kita sudah memberikan respon positif kepada petani di daerah sentra pertanian, untuk mengutamakan pendistribusian hasil panen mereka di daerah ini dengan harga jual lebih terjangkau," ujarnya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, ada beberapa sentra pertanian hortikultura di antaranya di Kecamatan Lubuk, Namang dan Sungaiselan sudah disarankan untuk melepas hasil panen di pasar lokal saja.

"Ini bagian dari upaya untuk menekan inflasi karena tingginya tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat selama Ramdhan," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah gelar pasar murah setiap kecamatan

Bupati berharap, masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dari petani lokal terutama untuk komoditas hortikultura.

"Saat Ramdhan dan menjelang lebaran memang sejumlah barang kebutuhan pokok cenderung naik dan itu tidak bisa dipungkiri, pemerintah daerah hanya bisa mengantisipasinya dengan kebijakan pasar murah dan menyarankan petani untuk melepas hasil panen mereka di tingkat lokal dengan harga lebih terjangkau," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah dearah membantu masyarakat dengan pola yang lain di antaranya operasi pasar untuk beberapa komoditas pokok yang harganya terlalu tinggi.

"Terutama yang wajib kami jaga adalah stabilitas harga beras, jika terjadi kenaikkan yang sulit dijangkau masyarakat tentu dilakukan kebijakan operasi pasar," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021