Sebanyak 100 orang warga kurang mampu, anak yatim dan para lansia di Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang menerima zakat ASN pemprov Babel.

Untuk di ketahui bahwa setiap bulannya gaji aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemprov Babel di potong 2,5 persen untuk zakat dan uang tersebut di kumpulkan melalui Baznas Babel lalu disalurkan kepada warga kurang mampu, anak yatim piatu, lansia, serta orang yang berhak menerima zakat lainnya. 

Penerima zakat ASN kali ini yaitu warga Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang. Zakat ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah di masjid Al-Hikmah Girimaya usai salat Asar. 

Abdul Fatah menyebutkan, dirinya bersyukur di bulan Ramadan dapat menyapa para ulama dan para jemaah dalam keadaan sehat dan beriman kepada Allah Swt. Hal ini berkat perjuangan Nabi Muhammad SAW. 

"Di kesempatan ini kami akan memberikan zakat dari ASN Babel kepada warga yang berhak menerimanya. Semoga zakat ini dapat meringankan beban warga, apalagi saat ini kondisi kita kurang baik akibat dampak dari wabah virus Corona yang belum berakhir, dan kami juga memberikan 200 kotak nasi dan takjilnya untuk berbuka puasa," kata Abdul Fatah.

Selain itu Fatah menegaskan, seharusnya yang menyerah zakat ini di rencanakan oleh Gubernur Erzaldi Rosman bersama dirinya, namun gubernur dalam kesempatan ini berhalangan hadir, karena ada kegiatan musyawarah para nelayan dengan PT Timah sehingga gubernur berhalangan hadir.

Ketua masjid Al-Hikmah, Rusdianto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) karena dalam kegiatan safari Ramadan 1442 H, Pemprov babel dapat mengunjungi masjid Al-Hikmah Girimaya, sekaligus memberikan zakat kepada warga yang berhak menerimanya, juga memberikan takjil dan nasi kota sebanyak 200 kotak, takjil 200 kotak untuk berbuka puasa. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel, dalam hal ini bapak gubernur yang diwakili oleh Wagub Abdul Fatah, di mana dalam kegiatan safari Ramadan masjid kami ini kebagian kunjungan kali ini, alhamdulillah atas zakat dari ASN Babel untuk warga kami. Juga nasi kotak beserta takjilnya moga semua ini menjadi amal ibadah bagi ASN, dan berkah," ungkapnya. 

Azizah guru ngaji dan salah seorang lansia bernama Fajar mengatakan hal yang sama bahwa, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. babel yang memperhatikan para guru ngaji, karena bantuan ini meringankan beban mereka apalagi saat ini bulan puasa. 

Kabid Biro Kesra Setda Babel, H. Sofyan menjelaskan, setiap warga yang menerima zakat dari ASN mendapat sebesar Rp500.000 dan di sertai dengan nasi kotak dan takjil untuk berbuka puasa. 

Di kesempatan ini, wagub di dampingi oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Babel, Suhaimi, Manager PT Pos Indonesia, para ulama dan jemaah masjid serta penerima zakat.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021