Sebanyak 539 pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan sembuh atau selesai menjalani isolasi.

"Hari ini ada tambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 16 orang, berasal dari Kecamatan Mentok satu orang, Simpangteritip delapan orang dan dari Jebus tujuh orang, sehingga keseluruhan menjadi 539 orang sembuh," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Ia menjelaskan, 16 pasien itu dinyatakan sembuh setelah menjalani masa isolasi dan karantina selama 14 hari dan tidak ditemukan adanya gejala lain yang membutuhkan perawatan khusus oleh tim pelayanan kesehatan.

Putra menambahkan, selama pandemi COVID-19 di daerah itu ditemukan sebanyak 888 pasien, 13 pasien di antaranya meninggal dunia, 539 orang sudah sembuh dan 336 orang masih diwajibkan menjalani masa karantina, isolasi atau perawatan di beberapa unit pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Pada hari ini juga ada tambahan kasus warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 29 orang yang berasal dari seluruh kecamatan," katanya.

Sebanyak 29 kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Mentok tujuh orang, Jebus sembilan orang, Kelapa tiga orang, Parittiga dua orang, Tempilang tujuh orang dan Simpangteritip satu orang.

"Kasus-kasus baru yang dirilis hari ini merupakan hasil pengembangan kasus yang terjadi sebelumnya dan sudah dilakukan pemeriksaan menggunakan rapid test antigen dengan hasil positif," kata dia.

Selain itu, beberapa kasus baru tersebut juga sudah dilakukan pemeriksaan oleh para petugas kesehatan di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Babel.

Sebagai salah satu upaya pengendalian penularan virus, Pemkab Bangka Barat terus melakukan vaksinasi kepada warga sasaran dan sampai saat ini sudah diberikan kepada tiga kelompok sasaran.

Untuk para tenaga kesehatan, vaksinasi sudah diberikan kepada 1.404 orang pada suntikan tahap pertama dan dosis kedua diberikan kepada 1.360 orang sasaran, untuk para tenaga pelayan publik yang sudah mendapatkan suntikan vaksin tahap pertama 2.474 orang, sedangkan dosis kedua diberikan kepada 1.830 orang.

"Khusus untuk warga lanjut usia dosis pertama kami vaksin 286 orang, sedangkan pada dosis kedua baru diberikan kepada 37 orang," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021