Badan SAR Nasional (Basarnas) Pangkalpinang, Bangka Belitung, memantapkan rencana membuka pos layanan keselamatan di Mentok Kabupaten Bangka Barat guna mempercepat pelayanan keselamatan bagi warga daerah itu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, Fazzli melalui siaran pers diterima di Pangkalpinang, Kamis mengatakan pemantapan rencana buka pos layanan SAR di Mentok setelah ada kesepakatan antara pihaknya dengan pemerintah kabupaten setempat.

Dibukanya Pos SAR di Mentok, kata Fazzli, dengan pertimbangan daerah rawan bencana terutama kecelakaan pelayaran baik kegiatan nelayan ataupun jasa angkutan pelayaran lainnya karena berada pada posisi jalur pelayaran yang cukup ramai.

"Wilayah Kabupaten Bangka Barat juga merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara," katanya.

Letak geografis menjadi alasan penting dibentuknya pos SAR di Kabupaten Bangka Barat karena kata dia, berada di daerah perbukitan dan pesisir pantai.

Untuk memperkuat optimalisasi pelayanan penyelamatan, kata Fazzli, pihaknya akan memperkuat sinergi dengan lembaga berwenang seperti TNI AL, Satpolair, BPBD dan lainnya termasuk relawan.

Begitu pula dengan kelengkapan operasional penyelamatan akan ditempatkan satu unit kapal cepat Rigid Inflatble Boat dengan kapasitas mesin 500 pk, mobil truk personel, peralatan SAR dan medis.

"Saya imbau masyarakat yang beraktivitas, terutama di perairan baik sungai atau laut harus tetap memperhatikan keselamatan," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021