Sebanyak 2.067 orang dari 2.323 kasus COVID-19 yang ditemukan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama pandemi berlangsung, dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina dan perawatan.

"Sebanyak 2.067 orang tersebut termasuk penambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini sebanyak 42 orang," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan 43 orang yang hari ini dinyatakan sembuh berasal dari Mentok 14 orang, Simpangteritip satu orang, Jebus delapan orang, Parittiga empat orang, dan Tempilang lima orang.

Selain terjadi penambahan jumlah pasien sembuh, hari ini juga terjadi penambahan kasus baru 13 orang, berasal dari Mentok sembilan orang, Parittiga tiga orang, dan Tempilang satu orang, sehingga total kasus yang ditemukan selama pandemi berlansung menjadi 2.323 kasus.

"Untuk saat ini masih ada sebanyak 230 pasien yang masih wajib karantina, perawatan dan isolasi mandiri. Hari ini juga terjadi penambahan kasus pasien meninggal dunia sebanyak dua orang di Mentok dan Parittiga sehingga total kasus meninggal dunia menjadi 26 kasus," katanya.

Sebanyak dua pasien yang sebelumnya terkonfirmasi COVID-19 hasil pemeriksaan pada 5 Juni 2021 tersebut, masing-masing berinisial Ys (71), warga Kelurahan Sungaibaru, Mentok.

"Almarhumah diketahui menderita penyakit penyerta dan sudah dimakamkan di permakaman keluarga," katanya.

Kasus meninggal dunia berikutnya, yaitu Lt (72), asal Dusun Suntai, Airgantang, Parittiga yang meninggal dunia hari ini sekitar pukul 01.00 WIB.

"Tuan Lt juga memiliki penyakit penyerta dan jenazah dimakamkan di permakaman umum Desa Airgantang. Kami ikut belasungkawa sedalam-dalamnya," katanya.

Ia mengajak seluruh warga untuk waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, minimal memakai masker dengan baik dan benar saat beraktivitas di luar rumah.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021