Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mendorong petani di daerahnya mengoptimalkan penggunaanpupuk organik untuk proses penyumburan tanamannya.

"Petani agar memperbanyak menggunakan pupuk organik karena cukup baik menyuburkan tanaman tanpa merusak sifat tanah," katanya di Sungailiat, Minggu menanggapi masih rendahnya penggunaan pupuk organik oleh petani.

Pupuk organik sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan.

"Pupuk organik cocok digunakan untuk semua jenis tanaman mulai dari tanaman sayuran, padi maupun tananam lain yang ditanam petani," jelas bupati.

Petani selama ini memilih pupuk kimia karena dianggap lebih cepat menyuburkan tanaman tanpa mengetahui akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.

Padahal, penggunaan pupuk organik secara kontinyu akan menjaga keseimbangan hara, meningkatkan efisiensi pupuk dan berdampak positif terhadap kesehatan tanah dan lingkungan

"Saya minta tenaga penyuluh pertanian lebih gencar memberikan pemahaman ke petani dalam penggunaan pupuk organik yang mampu memperbaiki struktur tanah sehingga kondisi lingkungan tanah optimum untuk pertumbuhan tanaman," jelasnya.

Sektor pertanian di daerahnya ditetapkan sebagai sektor unggulan yang kedepannya diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita memiliki potensi pertanian yang masih cukup luas yang dapat dikelola atau dikembangkan perluasan perkebunan dan persawahan," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021