Pasukan TNI Angkatan Udara berhasil menguasai kembali Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dari tangan musuh setelah dilakukan operasi pengintaian, serangan udara dan penerjunan pasukan guna menguasai kembali daerah pertahanan dari tangan lawan.

Rangkaian serangan diawali dengan operasi pengintaian oleh pesawat Boeing - 737 Intai Maritim guna memetakan lokasi keberadaan musuh dan melihat gambaran kekuatan lawan.

Baca juga: TNI AU terjunkan 14 pesawat tempur dalam latihan Jalak Sakti 2021

Setelah pengintaian dilakukan, rangkaian serangan dilanjutkan dengan mengerahkan pesawat tempur Hawk 109/209 dan pesawat tempur F-16 untuk menghancurkan tiga target sasaran musuh melalui pengeboman.

Setelah target sasaran dipastikan lumpuh dan hancur maka rangkaian serangan dilanjutkan dengan penerjunan personel Paskhas TNI AU guna merebut kembali daerah pertahanan dari tangan lawan dan memastikan wilayah tersebut bebas dari musuh sehingga kembali dikuasai oleh pasukan.

Baca juga: Gubernur Babel dukung latihan Jalak Sakti TNI AU di Pulau Belitung

Hal tersebut merupakan sekenario latihan antar satuan jajaran Koopsau I dan Wing I Paskhas dengan sandi Jalak Sakti dan Hardha Marutha I di "Air Weapon Range" (AWR) Buding, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fajar Prasetyo dan Pangkopsau I Marsekal Tedi Rizalihadi.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Fajar Prasetyo di Buding, Belitung, Senin mengatakan latihan tersebut digelar guna meningkatka profesionalisme personel TNI Angkatan Udara.

"Terutama dalam merencakan dan melaksanakan operasi udara dari Koopsau I dan Korps Paskhas," ujarnya.

Baca juga: KASAU apresiasi pelaksanaan latihan Jalak Sakti 2021 berjalan sukses

Ia menjelaskan, latihan tersebut melibatkan sebanyak 800 personel dan 25 pesawat diantaranya pesawat tempur Hawk 109/209, pesawat tempur F-16, pesawat Boeing - 737 Intai Maritim, pesawat C-130 Hercules, helikopter EC-725, helikopter SA-330 puma, helikopter NAS-332 super puma, helikopter EC-120 colibri serta pesawat CN-295.

Dirinya mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan latihan tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

"Syukur Alhamdulillah latihan tadi berjalan dengan lancar dan sukses. Bisa disaksikan tadi seluruh target-target yang diberikan dapat dihancurkan dengan tepat," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021