Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penjajakan kerja sama dalam pengelolaan kawasan Menara Suar Tanjungkalian, Mentok, agar bisa meningkatkan kepariwisataan daerah.

Untuk merealisasikan rencana tersebut pada Rabu (9/6) Pemkab Bangka Barat yang dipimpin Bupati Sukirman melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI di Jakarta, kata Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bangka Barat, Novaroly di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan yang dipimpin Asisten Deputi Infrastruktur Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rusli Rahim tersebut dibahas beberapa kemungkinan yang bisa dikerjasamakan untuk pengelolaan kawasan Menara Suar Tanjungkalian.

Dalam hal ini, Pemkab Bangka Barat mendorong adanya kerja sama dalam pemanfaatan dan penataan lingkungan sekitar kawasan menara dengan konsep untuk memajukan pariwisata dan UMKM yang ada di lokasi itu.

"Dalam pengelolaan kawasan ini nantinya kita minta adanya kerja sama penggunaan lahan antara Direktorat Navigasi dengan Pemda Bangka Barat," katanya.

Dalam kerja sama itu tidaklah mudah karena kawasan menara suar Tanjungkalian merupakan kawasan strategis untuk menunjang navigasi kapal yang melintas di Selat Bangka.

Namun, kata dia, dalam rencana penataan lingkungan kawasan Menara Tanjungkalian tersebut Direktur Kenavigasian Perhubungan Laut akan melakukan koordinasi dengan Direktur Kepelabuhanan terkait kewenangan.

"Sebagai tindak lanjutnya, kita akan bersama-sama menjadwalkan kunjungan ke lokus bersama Distrik Navigasi Kelas I Palembang," katanya.

Melalui kunjungan koordinasi itu diharapkan nantinya akan ada tindak lanjut dalam bentuk kerja sama antara Pemkab Bangka Barat dengan Direktorat Navigasi dalam pengelolaan dan panataan kawasan Menara Suar Tanjungkalian di Mentok.

"Dengan adanya kerja sama kita berharap kawasan tersebut akan bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dan tentunya akan memberikan dampak positif dalam pembangunan kepariwisataan daerah," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021