Kepolisian Resor Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan kegiatan patroli guna mencegah aksi premanisme dan tindakan pungutan liar di wilayah hukum kepolisian setempat.

Kepala Bagian Operasi Polres Belitung, Komisaris Polisi Poltak ST Purba di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan hal tersebut dilakukan guna menindaklanjuti instruksi Kapolri guna memberantas aksi premanisme dan pungutan liar.

"Anggota kami setiap hari melakukan penyisiran namun belum ditemukan ataupun menangkap adanya preman di Belitung dan kegiatan ini akan terus kami laksanakan," katanya.

Menurut dia, pihaknya melakukan penyisiran di sejumlah titik yang rawan aksi premanisme dan pungutan liar diantaranya adalah kawasan pasar serta pelabuhan di daerah itu.

Dikatakan dia, ciri-ciri aksi premanisme yang dilakukan oleh seseorang antara lain melakukan pemalakan atau pemerasan serta melakukan pungli.

"Namun sampai saat ini kategori tersebut belum ditemukan di sejumlah tempat yang ada di Belitung," ujarnya.

Ia berharap, jika masyarakat menemukan indikasi tindakan premanisme maka segera melapor kepada pihak kepolisian.

"Kami minta masyarakat segera melapor jika menemukan dan mengalami tindakan premanisme dan pungli kami siap menindaklanjuti laporan tersebut," kata dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021