Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan kunjungan kerja di Desa Air Pelempang Jaya (APJ) Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung guna mempelajari konsep pembangunan desa wisata.

"Karena pulau Belitung ini sudah menjadi desa daerah wisata maka kami ingin melihat sejauh mana program wisata bukan hanya dari pemerintah daerah namun di tingkat desa," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Bangka Barat, Samsir di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, dalam kunjungan tersebut pihaknya mempelajari bagaimana konsep pembangunan desa wisata, pemberdayaan masyarakat desa, kelompok sadar wisata serta peran lembaga adat.

"Maka hasil dari siini akan kami diskusikan dengan pemerintah daerah Bangka Barat untuk penyusunan program ke depan. Apalagi kami saat ini dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati yang baru jadi konsep yang ada di sini harus kami implementaiskan di sana," ujarnya.

Ia menilai, kunci dari keberhasilan pembangunan wisata di Kabupaten Belitung adalah berkat dukungan dan kekompakan dari semua pihak.

"Misalnya dari pemerintah daerah, SKPD semuanya ikut dalam satu komando pembangunan mengerucut kepada pembangunan wisata sampai ke pemerintahan desa semuanya fokus mengembangkan wisata," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Air Pelempang Jaya (APJ) Rezali di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan sangat menyambut baik kunjungan rombongan anggota komisi III DPRD Bangka Barat tersebut.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut pihaknya menjelaskan bagaimana konsep pembangunan sarana dan prasarana desa wisata baik dari sisi perencanaan dan penganggarannya.

"Jadi hasil pertemuan ini memang akan dibawah oleh mereka untuk didiskusikan dengan pihak pemerintah daerah di sana," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021