Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi mencanangkan merevitalisasi pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan di daerah itu.

"Kita sudah mencanangkan revitalisasi pertanian ini untuk meningkatkan ketahanan pangan, mutu dan daya saing komoditas pertanian," kata Rustam Effendi saat membuka Musrenbang Pertanian di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, revitalisasi pertanian ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami terus berupaya untuk mewujudkan Bangka Belitung yang mandiri, maju, berkeadilan dan berdaya saing berbasis potensi lokal melalui konektivitas perkotaan dan perdesaan," ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, kata dia, pada 2016 akan menjadi fokus pembangunan sektor pertanian ini, seperti melalui program pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, penguatan keterkaitan perdesaan dan perkotaan.

Selanjutnya, melalui program pengendalian pemanfaatan ruang serta pengembangan satam emas atau program Rp1 miliar per kecamatan.

"Kami berharap program-program yang telah direncanakan ini, mampu menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan koperasi dan UKM, meningkatkan nilai ekspor dan mampu mengendalikan angka inflasi daerah ini," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diharapkan diperlukan sinergitas, kerja sama, koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Dengan adanya sinergitas antarpemerintah ini, maka masalah-masalah pembangunan pertanian ini akan mudah teratasi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015