Kepolisian resor Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengintensifkan patroli di wilayah itu untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta mencegah tindak pelanggaran premanisme.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan melalui Wakapolres Kompol Robertus Wardhana Utama di Sungailiat, Jumat mengatakan, patroli wilayah dengan melibatkan sejumlah personel polisi difokuskan di area umum seperti di terminal serta di pusat pelayanan publik.

"Patroli rutin kami lakukan dengan jadwal tertentu sebagai upaya optimalisasi pelayanan polisi dalam memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan masyarakat," katanya.

Penanganan dan pencegahan premanisme kata dia, melibatkan pemerintah daerah karena berhubungan dengan  sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli), dan sampai saat ini tidak ditemukan dan belum ada laporan dari masyarakat yang menjadi korban tindak pelanggaran premanisme.

Teknis di lapangan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban kata wakapolres, polri dalam bertindak didasarkan pada pertimbangan yang terukur diawali dengan pendekatan humanis, persuasif dan preventif.

"Dalam menjalankan tugas, kepolisian mempunyai pertimbangan yang matang dan terukur sesuai ketentuan aturan yang berlaku atau standar operasional prosedur (SOP)," ujar wakapolres.

Menurutnya, upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban harus dilakukan secara terpadu disemua unsur termasuk peran aktif masyarakat.

Penguatan sinergitas antar lembaga dengan semua komponen masyarakat harus tetap terjaga untuk menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis yang berkesinambungan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat bersatu padu menjaga keamanan lingkungan dan segera melaporkan kepihak kepolisian terdekat jika mengetahui adanya  ancaman pelanggaran hukum," katanya.

Dia mengakui, wilayah administrasi Kabupaten Bangka yang terdiri delapan kecamatan dan 60 lebih desa relatif cukup aman meskipun populasi penduduk lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten lain di Provinsi Bangka Belitung.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021