Muntok (Antara Babel) - Forum Anak Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menanam 1.000 bibit pohon bakau dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Se Dunia sebagai bentuk kepedulian generasi muda pada kelestarian lingkungan.

"Kami harapkan apa yang kami lakukan hari ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat beberapa tahun ke depan," ujar Ketua Forum Anak Kabupaten Bangka Barat Afida Vona di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, penanaman bakau yang dilakukan di pantai komplek peleburan timah unit Metalurgi Muntok tersebut merupakan bentuk kepedulian anak-anak Bangka Barat dalam pelestarian lingkungan.

Selain itu, kata dia, kegiatan itu juga merupakan salah satu bentuk peran serta anak-anak dalam membangun daerahnya.

"Ini merupakan aspirasi kami anak-anak Bangka Barat, kami berharap ke depan pemerintah terus mendukung kegiatan positif seperti ini," harapnya.

Kegiatan penanaman 1.000 bakau tersebut dilaksanakan Forum Anak Bangka Barat tersebut, turut hadir juga Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali, Komandan Pangkalan TNI AL Babel Letkol Laut (P) Hendra Kesuma, dan didukung sepenuhnya PT Timah Tbk.

Pada kesempatan itu, Danlanal Babel Letkol Laut (P) Hendra Kesuma mengatakan, pihaknya akan sepenuhnya mendukung kegiatan anak-anak dalam segala hal untuk tumbuh kembang generasi penerus bangsa.

"Penanaman bakau ini merupakan bentuk kepolosan yang disampaikan anak-anak akan rasa keprihatinan mereka terhadap kerusakan lingkungan yang telah terjadi selama ini," katanya.

Pada kesempatan itu, Danlanal juga menantang seluruh anak yang hadir untuk terus membuat kegiatan positif, baik untuk lingkungan maupun masyarakat di sekitarnya.

"Teruslah berkarya dan berekspresi, kalau ada kegiatan beritahu kami, kami akan selalu mendukung kegiatan positif yang kalian lakukan," kata Hendra.

Selain penanaman 1.000 bibit bakau, pada kesempatan itu panitia juga menyerahkan bantuan dua unit rumpon kepada nelayan Telukrubia dan Paitjaya yang diharapkan bisa ditanam di perairan dua dusun tersebut untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015