Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, menggelar festival foto Ceng Beng dalam rangka meningkatkan Festival Budaya Daerah.

"Dalam suasana Ceng Beng ini, kami menggelar lomba foto dalam kegiatan penyelengaraan Festival Budaya Daerah melalui Festival Ceng Beng tahun 2015. Tema festival foto Ceng Beng itu yakni "Prosesi Ceng Beng di Tanah Leluhurku," kata Kepala Disbudparpora Kota Pangkalpinang, Ahmad Alvian di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, pendaftaran perlombaan foto tersebut sudah di mulai sejak 29 Maret  dan ditutup pada 5 April, bertepatan dengan prosesi sembahyang kubur atau Ceng Beng. Karena penutupan itu bertepatan dengan kegiatan puncak, maka diperpanjang hingga 15 April.

"Perlombaan foto ini kami buka untuk umum, namun yang mendaftar baru lima orang, sehingga pendaftarannya kami undur hingga 15 April supaya pendaftarnya lebih banyak lagi dan memberikan mereka waktu lebih banyak agar benar-benar bisa menyeleksi hasil foto mereka," jelasnya.

Ia menyebutkan, juri yang akan menjadi penilai pada pelaksanaan lomba foto tersebut, pihaknya telah menyiapkan juri-juri dari komunitas fotografi seperti Ahmad Fauzan selaku utusan dari Indosiar pusat, Feni selaku pengurus Yayasan Sentosa dan Elwan yang merupakan seniman asal Bangka Belitung.

"Adapun persyaratan perlombaan ini yaitu foto dicetak pada kertas ukuran 20cm x 30cm jenis kertas doff, editing sebatas kamar gelap, hasil karya gambar sendiri, setiap peserta mengirimkan foto maksimal tiga karya, di bagian belakang foto dicantumkan nama, alamat dan kontak person, objek pemotretan di area perkuburan Sentosa Pangkalpinang," jelasnya.

Dia mengatakan, untuk hasil foto tersebut diserahkan kepada panitia Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga paling lambat 15 April pukul 16.00 WIB. Dan pengumuman pemenang akan pada selasa 21 April di papan pengumuman Dinas dan media massa.

"Bagi para pemenang, kami telah menyiapkan hadiah yakni untuk Juara I mendapatkan uang tunai Rp1,5 juta dan tropy, Juara II Rp1,2 juta dan tropy dan Juara III Rp1 juta dan tropy," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015