Seluruh personel Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diminta bisa menjadi contoh yang baik untuk penerapan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19.

"Selalu disiplin pakai masker, mari kita peduli terhadap diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita," kata Wakil Kepala Polres Bangka Barat Kompol Johan Wahyudi di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan saat ini masih banyak ditemukan warga yang belum patuh protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Johan Wahyudi meminta para personel bisa menjadi contoh yang baik untuk warga sekitar, yaitu dengan selalu memakai masker dalam setiap aktivitas.

Penggunaan masker, katanya, untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan membantu menjaga kesehatan orang lain dari risiko penularan virus di tengah pandemi COVID-19.

"Jumlah kasus semakin meningkat, namun masih banyak warga yang belum memiliki kesadaran penuh menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi," katanya.

Ia menambahkan beberapa bulan lalu dilakukan pencabutan Maklumat Kapolri, namun bukan berarti bisa mengendurkan kepatuhan pada protokol kesehatan yang sudah diterbitkan pemerintah.

"Justru pencabutan tersebut dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah menerapkan adaptasi tatanan hidup baru, yaitu dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Bukan berarti masyarakat kembali beraktivitas bebas tanpa ada batasan," katanya.

Ia mengingatkan saat ini Bangka Barat masih masuk kategori risiko tinggi penularan COVID-19 sehingga seluruh warga diminta meningkatkan kewaspadaan dan tetap memakai masker.

"Bukannya kami mau mengatur-atur, memerintah, dan memaksa, tetapi marilah kita bersama peduli, miliki kesadaran untuk mencegah penyebaran COVID19," kata Johan.

Ia berpesan kepada seluruh personel ikut berperan aktif membantu menyosialisasikan dan memberi penyuluhan akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021