Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan.

"Vaksinasi dosis ketiga ini diharapkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh para garda depan penanganan pandemi COVID-19. Saat ini sedang kita siapkan semoga berjalan lancar dan penanganan COVID-19 menjadi lebih baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat drg. Achmad Syaifuddin di Mentok, Sabtu.

Rencana pemberian vaksinasi tahap tiga untuk seluruh tenaga kesehatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Dinas Kesehatan, Satgas COVID-19 dengan Kementerian Kesehatan beberapa hari lalu.

Dalam kegiatan tersebut diperoleh informasi bahwa Kabupaten Bangka Barat pada tahap awal akan mendapatkan alokasi vaksin Moderna sebanyak 1.200 dosis.

"Target sasaran kita lebih dari 1.600 orang tenaga kesehatan yang ada di Bangka Barat, untuk itu akan dilakukan pendataan awal dan observasi terlebih dahulu," katanya.

Menurut dia, target sasaran pada tahap awal ini perlu diperhatikan agar pemberian vaksin Moderna tepat sasaran dan sesuai aturan yang ada.

"Syaratnya sudah menerima suntikan vaksin dosis kedua dalam jangka waktu lebih dari tiga bulan, selain itu calon penerima juga harus ada e-Tiket," katanya.

Menurut dia, vaksin Moderna membutuhkan perlakuan khusus dalam penyimpanan agar tidak terkontaminasi sehingga perlu diperhatikan dalam pengiriman dalam suhu yang stabil dan standar agar vaksin tidak rusak.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021