Sungailiat (Antara Babel) - Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suprani mengatakan bibit padi varietas Ciherang banyak diminati petani setempat karena dianggap tahan hama serta memiliki buliran dalam jumlah yang lebih banyak.

"Dari 10 gabungan kelompok tani (gapoktan) yang mengusulkan bantuan bibit gratis, lima di antaranya mengusulkan bibit jenis itu," katanya di Sunghailiat, Jumat.

Selain varietas Ciherang, sejumlah gapoktan lain mengusulkan jenis bibit seperti Inpari 24, Ciliwung dan Ir 64.

Dikatakannya, bantuan bibit jenis Ciherang yang diusulkan lima gapoktan akan ditanam di areal sawah seluas 145 hektar dengan jumlah bibit sebanyak 3.635 kilogram.

"Pada musim tanam tahun ini pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan bibit padi sesuai jenis yang diusulkan petani dengan total sebanyak 5.000 kilogram dengan setiap hektarnya mendapat bantuan 25 kilogram," katanya.

Dia berharap bantuan bibit padi yang disalurkannya itu dapat meningkatkan produksivitas hasil panen yang memuaskan bagi petani setempat.

Selain bantuan bibit padi varietas unggul secara gratis, kata dia, pihaknya juga menyalurkan sejumlah jenis obat tanaman padi baik insektisida untuk berbagai jenis hama dan pestisida untuk racun rumput maupun jamur tanaman.

"Sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah selain sektor unggulan lainnya," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015