PT Timah Tbk kembali mengucurkan dana Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) triwulan III 2021 sebesar Rp8,6 miliar, sebagai bentuk komitmen perusahaan mendukung UMKM di wilayah operasional perusahaan berplat merah itu.

"Semoga program ini bisa meningkatkan usaha, menyumbang lebih banyak tenaga kerja, sehingga membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pendemi COVID-19 ini," kata Direktur Keuangan PT Timah Tbk Wibisono saat penyaluran dana PUMK Triwulan III Tahun 2021 di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan dana PUMK triwulan III 2021 sebesar Rp8,6 miliar diberikan kepada 193 pelaku UMKM tersebar di tiga provinsi wilayah operasional PT Timah Tbk yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau dengan rincian Pangkalpinang sebanyak 20 mitra binaan dengan nilai Rp1,2 miliar.

Kabupaten Bangka 25 mitra binaan dengan nilai Rp975 juta, Bangka Barat 11 mitra binaan Rp445 juta, Bangka Tengah 60 mitra binaan Rp1,5 miliar, Bangka Selatan 26 mitra binaan Rp1,2 miliar.

Selanjutnya Kabupaten Belitung 12 mitra binaan dengan nilai Rp1,2 miliar, Belitung Timur 10 mitra binaan Rp400 juta, dan Kabupaten Karimun sebanyak 51 mitra binaan dengan nilai Rp1,5 miliar. 
.
"Penyaluran dana PUMK kali ini dilaksanakan selama dua hari yakni Senin hingga Selasa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimana calon mitra binaan harus melalui proses swab antigen sebelum memasuki ruangan penyaluran dana PUMK," ujarnya.

Ia mengatakan pada Triwulan III Tahun 2021 ini, PT Timah Tbk menerima pengajuan sebanyak 238 proposal dengan nilai Rp19,2 miliar. Namun, berdasarkan hasil verifikasi dan survey tim yang memenuhi kualifikasi hanya 193 pengajuan dengan nilai Rp8,6 miliar.

"Kami berharap agar calon mitra PT Timah Tbk yang mendapatkan dana PUMK ini dapat betul-betul memanfaatkan program ini untuk mengembangkan usaha ataupun merintis usaha," katanya. 

Ia berpesan agar calon mitra dapat melaksanakan tanggungjawab sebagai mitra binaan. Pasalnya, dana yang dikucurkan harus tetap bergulir sehingga semakin banyak UMKM yang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program ini. 

"Calon mitra hari ini sudah hasil seleksi. Jadi, saya mohon calon mitra binaan melaksanakan tanggungjawabnya, karena program kemitraan bukan dana hibah. Jadi harus dibayar, karena ini ini dana bergulir ini akan kita salurkan ke UMKM lainnya dalam rangka meningkatkan ekonomi di wilayah operasional perusahaan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021