Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman merespons positif pembangunan pasar tani yang diusulkan para penyuluh pertanian di daerah itu.

"Soal pembangunan pasar tani itu bagus untuk memasarkan aneka komoditas pertanian masyarakat. Kita usahakan dalam tahun ini juga akan segera dibangun," katanya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, pasar tani tersebut untuk memudahkan petani dalam memasarkan produk pertanian mereka dan para konsumen juga lebih mudah mencari kebutuhan pokok karena dijual di satu tempat.

"Pada beberapa daerah di Indonesia sudah ada pasar tani, memiliki prospek cukup bagus baik bagi pedagang maupun para petani maka di daerah ini juga harus ada pasar tani," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan pasar tani akan diusulkan dalam APBD tahun ini namun lokasi atau tempatnya masih mencari mana yang lebih strategis.

"Kalau saya menargetkan seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri tahun ini pasar tani sudah dibangun, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan aneka kebutuhan pokok untuk kepentingan Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Ia juga mengajak para petani  di daerah itu untuk menggalakkan menanam tanaman yang memiliki prosfek untuk meningkatkan perekonomian.

"Terserah masyarakat ingin menanam komoditas yang menurut mereka merasa cocok dengan struktur tanah sehingga tananam tubuh dengan bagus dan produksinya lebih banyak," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah sudah menempatkan di setiap desa minimal satu penyuluh untuk melayani para petani di daerah itu.

"Satu desa satu penyuluh, mereka siap membantu petani dalam mengembangkan komoditas pertanian. Termasuk melakukan pembinaan dan penyuluhan terkait cara bercocok tanam yang baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015