Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merelokasi rumah sebagian warga pesisir di Desa Kurau Barat dan Timur.

"Relokasi sebagian rumah di bantaran muara Sungai Kurau akan kita lakukan, untuk penataan yang lebih bagus," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Pihak pemerintah daerah sudah melakukan sosialisasi kepada warga yang rumahnya akan direlokasi ke lokasi baru yang lebih representatif.

"Ada beberapa rumah yang akan direlokasi, tempatnya sedang kita sepakati dan tentu pemerintah daerah membangun rumah baru dengan kondisi lebih bagus," ujar dia.

Ia mengatakan relokasi rumah sebagian warga itu selain untuk penataan kawasan kumuh juga dalam rangka peningkatan pembangunan dermaga tambatan perahu di muara Sungai Kurau.

"Pembangunan dermaga tambatan perahu lebih kita tingkatkan, maka sebagian rumah ada yang terkena pengerjaan dermaga," ujarnya.

Ia juga mengatakan penataan kawasan pesisir di Desa Kurau Barat dan Timur memang sudah direncanakan sejak lama.

"Penataan pemukiman rumah warga pesisir ini akan dimulai pada 2022, kita sudah berkoordinasi dengan Pemprov Babel untuk mendapatkan dukungan dana," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021