Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan jumlah pasien  wajib menjalani isolasi mencapai 74 orang.

"Sebanyak 74 orang pasien tersebut termasuk tambahan enam kasus baru yang terjadi hari ini, berasal dari Kecamatan Mentok empat, Jebus satu dan Kelapa satu," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Bangka Barat, Kamis.

Pembatasan kegiatan dan peningkatan kesadaran masyarakat untuk patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M selama PPKM menjadi salah satu kunci keberhasilan daerah itu menekan laju penularan virus.

"Tingkat kepatuhan warga merupakan faktor utama, selain itu tim gabungan juga terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi pentingnya menjalankan protokol kesehatan selama pandemi berlangsung," katanya.

Gencarnya penelusuran dan pelacakan yang melibatkan peran para personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga dinilai efektif guna mempercepat proses pemeriksaan terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien.

Dengan adanya dukungan dan kerja sama lintas sektor tersebut diharapkan mampu menjaga dan menekan laju penularan virus di Kabupaten Bangka Barat.

Selain terjadi penambahan kasus baru enam orang, pada hari ini juga terjadi penambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai isolasi sebanyak 17 orang, berasal dari Mentok tiga, Jebus sembilan, Parittiga dua dan Tempilang tiga orang sehingga total pasien sembuh menjadi 5.166 orang.

"Dari sebanyak 5.367 kasus yang ditemukan selama pandemi COVID-19, terjadi sebanyak 127 kasus pasien yang meninggal dunia," katanya.

Dierektur Utama RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat, dr. Rudi Faizul Badri mengatakan saat ini jumlah pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit tersebut sebanyak 14 orang.

"Seluruh pasien tertangani dengan baik dan jumlah ini masih dalam jumlah wajar sesuai kapasitas daya tampung awal sebelum ada penambahan jumlah kamar pasien COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021