Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat pasien sembuh atau selesai menjalani masa isolasi mencapai 96,3 persen atau sebanyak 5.171 dari 5.369 jumlah kasus keseluruhan selama pandemi berlangsung.

"Sampai hari ini masih ada sebanyak 70 orang yang masih wajib menjalani isolasi. Kita berharap penurunan kasus terus terjadi dan vaksinasi berjalan lancar agar penyebaran virus semakin terkendali," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M Putra Kusuma di Mentok, Jumat.

Ia mengatakan, sebanyak 5.171 pasien sembuh tersebut termasuk lima orang yang hari ini dinyatakan sembuh, berasal dari Mentok tiga orang, Parittiga satu dan Kelapa satu.

"Hari ini juga ditemukan dua kasus baru berasal dari, Kecamatan Simpangteritip dan Parittiga, masing-masing satu orang sehingga jumlah pasien wajib isolasi menjadi 70 orang," katanya.

Selain itu, pada hari ini juga terjadi penambahan pasien yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia, berasal dari Kecamatan Mentok sehingga total kasus pasien meninggal dunia menjadi 128 selama pandemi berlangsung.

Keberhasilan dalam pengendalian penularan di daerah itu tidak terlepas dari peran aktif seluruh pihak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19.

Selain itu kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dilaksanakan hingga menjangkau warga yang berada di pelosok juga berjalan dengan baik.

"Selain tim gabungan, peran masyarakat juga sangat mendukung upaya bersama dalam mengendalikan penularan virus. Untuk itu kami berharap warga tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, meskipun sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021