Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong Universitas Bangka Belitung (UBB) segera mendirikan Fakultas Pariwisata di Pulau Belitung, guna meningkatkan sumber daya manusia dalam mengembangkan pariwisata di negeri serumpun sebalai itu.

"Kita terus mendorong UBB untuk mendirikan fakultas pariwisata di Belitung dan Belitung Timur," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Belitung, Kamis.

Menurut dia dengan adanya Fakultas Pariwisata di Pulau Belitung akan  mempercepat perkembangan pariwisata, karena melalui pendidikan dapat dilakukan kerja sama dengan universitas negara lain sekaligus mengenalkan kekayaan pariwisata Babel.

"Kita harus berupaya bersama memfasilitasi agar fakultas pariwisata bisa berdiri di Belitung. Pihak UBB sudah sangat setuju, tinggal kolaborasinya yang perlu terus dilakukan untuk percepatannya," ujarnya.

Ia mengatakan pendirian fakultas pariwisata seharusnya tinggal selangkah lagi, namun terkendala pelepasan aset dari Akademi Manajemen Belitung (AMB) Belitung kepada UBB yang tidak kunjung selesai.

"Ikhlas atau tidak sebenarnya AMB menyerahkan asetnya kepada UBB untuk dijadikan salah satu fakultas pariwisata, karena sudah dua tahun ini belum ada perkembangan," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemprov bersama pemerintah kabupaten terus berupaya mendorong UBB mendirikan fakultas di negeri laskar pelangi ini, untuk meningkatkan SDM masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan pariwisata.

"Pemka Belitung dan Belitung Timur cukup menyediakan lahan, sedangkan pembangunan gedung akan dibantu oleh Pemprov Babel yang kemudian dihibahkan kepada UBB untuk menjadi Fakultas Pariwisata UBB," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021