Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat vaksinasi yang dilakukan kepada para remaja atau anak usia 12 hingga 18 tahun di daerah itu sudah mencapai 61,45 persen.

"Untuk vaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah kita laksanakan kepada 13.890 orang usia remaja atau sebanyak 61,45 persen dari jumlah sasaran yang mencapai 22.602 orang," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, pemberian vaksinasi COVID-19 kepada remaja atau pelajar tersebut dimaksudkan agar mereka memiliki kekebalan tubuh yang baik yang bisa bermanfaat saat tertular virus tersebut.

Selain itu, pemberian vaksinasi kepada remaja atau pelajar usia 12 hingga 18 tahun juga untuk mendukung kebijakan pemerintah yang telah membuka kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka di seluruh sekolah di Bangka Barat.

"Selama ini vaksinasi berjalan aman, semoga kegiatan ini bisa terus berjalan dan cepat memenuhi target sasaran," katanya.

Selain telah memberikan vaksinasi COVID-19 pada dosis pertama, tim vaksinator juga telah memberikan vaksin dosis kedua kepada sebanyak 2.479 remaja di daerah itu.

"Untuk vaksin dosis kedua sudah dilakukan kepada sekitar 10,97 persen dari sasaran, tim akan terus bergerak ke sekolah-sekolah agar vaksinasi semakin merata," katanya.

Beberapa langkah sudah dilakukan Pemkab Bangka Barat untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu guna membangun kekebalan komunal.

"Selain menambah tim dari 20 menjadi 42 tim vaksinator, kami juga menyediakan minimal 20 gerai serbuan vaksinasi per hari, baik di unit pelayanan kesehatan maupun tim bergerak yang menjangkau warga hingga pelosok," katanya.

Untuk target keseluruhan vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat sebanyak 157.934 orang, sampai saat ini untuk dosis pertama sudah diberikan kepada 80.890 orang atau sebanyak 51,27 persen, sedangkan vaksin dosis kedua 33.371 orang atau 21,13 persen dari jumlah sasaran.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021