Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta terus proaktif mengajak warga mengikuti program vaksinasi COVID-19 guna mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di daerah itu.

"Kami berikan apresiasi kepada seluruh personel di Polres, Polsek jajaran dan para Bhabinkamtibmas yang selama ini tidak mengenal lelah mengajak warga ikut vaksin di gerai-gerai terdekat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, vaksinasi penting dilakukan untuk menghadapi pandemi COVID-19 agar daya tahan tubuh semakin meningkat sehingga pada saat tertular virus tersebut tidak mengakibatkan dampak yang membahayakan keselamatan jiwa.

Selain itu, dengan terbentuknya kekebalan kelompok atau "herd immunity" diharapkan aktivitas masyarakat bisa kembali normal sehingga perekonomian semakin membaik.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Anggota Polres Bangka Barat atas kinerjanya selama ini dalam kegiatan pemberian vaksin massal, memfasilitasi gerai serbuan vaksin dan mengajak warga ikut vaksin, karena hal ini tidak mudah," ujarnya.

Atas capaian hingga saat ini, kata dia, para personel perlu terus mengajak warga ikut vaksin agar bisa segera mencapai target kekebalan kelompok seperti yang sudah ditentukan pemerintah dan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna meminimalkan risiko penularan.

"Kepada warga kami minta juga tetap patuh protokol kesehatan 5M agar penularan bisa semakin dikendalikan," ujarnya.

Pada hari ini Polres Bangka Barat bersama TNI, Dinas Kesehatan dan tim vaksinator mendirikan gerai vaksinasi di 20 lokasi di seluruh kecamatan di daerah itu.

Sebanyak 20 gerai vaksinasi COVID-19 tersebut berada di seluruh unit pelayanan kesehatan, sekolah, desa dan beberapa lokasi strategis untuk memudahkan warga mendapatkan pelayanan vaksin.

Untuk dosis vaksin yang disiapkan hari ini sebanyak 4.711 dosis, baik untuk vaksinasi dosis pertama maupun kedua, yaitu di Kecamatan Mentok 1.880 dosis, Simpangteritip 554, Jebus 550, Parittiga 842, Kelapa 335 dan di Kecamatan Tempilang 550 dosis.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021