Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman memberikan apresiasi terhadap program uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

"Kompetensi ini yang membedakan sesorang itu bergelut di bidangnya, mereka sudah dinilai lebih layak untuk berkarya di profesinya," ujar bupati saat menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Kabupaten Bangka Tengah periode 2020-2023 di Hotel Santika, Pangkalanbaru, Selasa.

Bupati mengaku menyambut baik atas kehadiran PWI Bangka Tengah sebagai mitra untuk terus bersinergi.

"Kami mengajak PWI bantu kami membangun daerah menuju lebih baik, pekerja pers adalah penyambung lidah kami dan penyampai pesan kami sehingga diketahui publik," ujarnya.

Bupati mendukung program kompetensi wartawan karena sangat berpengaruh terhadap hasil karya yang lebih profesional.

"Kami tidak menghambat profesi pers, tapi harapan kami itu dilakukan dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Sementara Ketua PWI Bangka Belitung, Faturrakhman mengatakan bahwa saat ini sudah hampir semua wartawan yang tergabung dalam PWI sudah mengantongi sertifikat kompetensi.

"Program UKW terus kami lanjutkan untuk menuju wartawan lebih profesional," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada pejabat publik dan narasumber berita, tidak menjadikan wartawan itu musuh.

"Jadikan mereka teman, sahabat dan mitra yang baik dalam menjalankan program pembangunan. Wartawan melakukan kritikan tentu bukan bentuk permusuhan, tetapi mengingatkan dan mengoreksi sesuatu yang dianggap salah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021