Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mengatakan, Hari Pahlawan tahun 2021 merupakan momentum penting menginspirasi generasi muda berkreativitas dan berinovasi untuk kepentingan masyarakat.

"Semangat perjuangan pahlawan melawan penjajah kala itu, hendaknya menjadi inspirasi generasi muda agar lebih semangat dalam berkarya sesuai kemampuan masing-masing," katanya di Sungailiat Rabu, menyikapi Hari Pahlawan yang mengangkat tema Pahlawanku Inspirasiku.

Di era digitalisasi modern yang terus berkembang pesat kata bupati, generasi muda harus dapat mengikutinya dan memanfaatkan dengan baik sehingga mempunyai nilai manfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

"Perjuangan masa kini berbeda dengan perjuangan pahlawan masa penjajahan, dimana perjuangan sekarang menuntut kemampuan generasi muda mengisi kemerdekaan hasil perjuangan melawan tantangan globalisasi modern," jelasnya.

Bupati menilai, hanya dengan kemampuan semangat berkreativitas dan berinovasi tersebut salah satu perjuangan melawan tantangan masa kini.

 
Bupati Bangka Mulkan saat menjadi inspektur upacara hari Pahlawan (babel.antaranews.com)
 
Saat membacakan pidato membacakan Mulkan mengatakan semangat perjuangan para pahlawan tanpa menyerah tanpa dibatasi oleh halangan apapun atau 
 keterbatasan dan halangan.

Para pahlawan dengan gagah berani melawan memilih memborbadir kapal perang, pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya yang dimiliki musuh walau senjata pahlawan hanya dengan babu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan dengan semboyan merdeka atau mati.

"Kita memiliki potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melipah dengan letak geografis yang strategis," jelasnya.

 
Bupati Bangka Mulkan membacakan pidato Menteri Sosial RI Tri Rismaharini pada hari Pahlawan (babel.antaranews.com)

Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras yang berkelanjutan dan didukung daya kreativitas tinggi serta semangat kebersamaan pantang menyerah.

"Setiap orang bisa menjadi pahlawan dibidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya," katanya.

Kepada anak-anak Indonesia dalam apapun keterbatasan, kalian harus bisa mengembangkan talenta apa saja, selama tidak ada kata menyerah dan putus asa dan tetap bekerja keras di tengah keterbatasan yang ada.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021