Muntok (Antara Babel) - Manajemen PT ASDP Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan posko terpadu untuk memperlancar arus mudik Lebaran yang akan berlangsung beberapa hari ke depan.

"Kami harapkan adanya posko terpadu ini akan membantu kelancaran dan kenyamanan para calon penumpang yang ingin menyeberang dan datang dari Pulau Sumatera," ujar Supervisi PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Agus Priyono di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, posko terpadu tersebut dibentuk bersama Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Dinas Kesehatan setempat, Polres Bangka Barat, Senkom, TNI dan PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

Menurut dia, posko terpadu akan didirikan pada tujuh hari menjelang hari raya hingga tujuh hari setelah hari raya yang berlokasi di lokasi parkir pelabuhan untuk memudahkan akses para calon penumpang.

"Penempatan posko terpadu ini merupakan bentuk kerja sama antarsektor untuk menyukseskan arus mudik, kami berharap adanya posko tersebut akan membantu kelancaran, keamanan dan kenyamanan para pemudik," kata dia.

Terkait harga tiket penyeberangan yang menggunakan kapal feri, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku PT ASDP tidak akan menaikkan harga tiket, baik untuk penumpang orang maupun kendaraan pada saat arus mudik.

"Namun untuk kapal cepat yang melayani penyeberangan jurusan Muntok-Palembang, karena kapal tersebut milik perusahaan swasta biasanya pada saat arus mudik ada kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan," kata dia.

Ia mengatakan, pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi penurunan jumlah penumpang, seiring melemahnya perekonomian masyarakat di Pulau Bangka dan waktu libur sekolah yang sudah berlangsung satu minggu lalu.

"Tahun ini awal musim libur sekolah tidak berdekatan dengan hari raya sehingga akan mempengaruhi jumlah penumpang pada saat arus mudik," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015